Teori Dasar Elektronika

Rabu, 23 Juli 2008

Benda atau zat (padat, cair dan gas) tersusun atas molekul-molekul . Molekul adalah bagian dari zat yang masih memiliki sifat zat aslinya, misalnya molekul air masih mempunyai sifat-sifat air. Molekul masih dapat dibagi lebih kecil sehingga bagian tersebut mempunyai sifat baru, yang tidak sama dengan molekul. Bagian kecil ini disebut Unsur. Dan unsur tersusun atas atom-atom.


Jadi atom adalah bagian terkecil dari zat atau benda yang dengan reaksi kimia biasa tidak dapat diuraikan lagi menjadi bagian yang lebih kecil.


Atom terdiri atas sebuah inti atom dan elektron yang mengelilingi inti atom. Inti atom tersusun atas proton dan neutron.

proton adalah muatan listrik positif

neutron adalah muatan listrik netral

elektron adalah muatan listrik negatif

orbit adalah lintasan elektron mengelilingi inti atom

Karena adanya ikatan atau gaya tarik menarik antara muatan positif dan mauatan negatif, mengakibatkan elektron mengelilingi inti atom. Semakin jauh jarak elektron dengan inti atom menyebabkan ikatannya lemah, sehingga elektron yang berada pada lintasan paling luar memiliki ikatan yang lemah dan dapat berpindah ke atom lain. Elektron yang dapat berpindah disebut elektron bebas.


1 komentar:

ARI AGUSTIAR mengatakan...

salut, atas semua yang telah perbuat untuk anak-anak.

Saya ingin meniru tapi belum kober gimana ?

Ari Agustiar, S.Pd
SMP Negeri 1 Pecangaan Jepara
Email : ari.tiar@yahoo.co.id